GFriend - Me Gustas Tu

Jumat, 27 Oktober 2017

3 Ras Kucing

Edit Posted by with 1 comment
1.Scottish Fold
Kucing scottish fold adalah kucing yang berukuran medium dengan wajah yang sangat bulat. Kucing ini mendapatkan namanya dari ciri fisik dan negara asalnya. Fold (terlipat) merujuk pada kondisi telinganya yang biasanya melipat kearah depan dan kebawan, Scottish / Skotlandia sebuah negara di Britania Raya. Jadi bisa diartikan sebagai kucing telinga terlipat dari Skotlandia.
Memiliki kucing scottish menjadi impian banyak orang karena bentuknya yang lucu dan menggemaskan. Keunikan wajah scottish mengingatkan kita pada kesan boneka beruang ataupun burung hantu. Cobalah lihat gambar kucing scottish dibawah ini dan bandingkan dengan wajah burung hantu ataupun boneka beruang.

Ciri-Ciri Fisik Kucing Scottish Fold

Untuk menghindari penjual nakal yang ngaku menjual scottish ternyata bukan, kita harus jeli dalam mengenali ciri kucing ini. Kita jelas tidak mau membuang uang kita untuk kucing palsu, maka dari itu berikut ini panduan mengenali ciri fisik scottish bagi pemula:

Postur Tubuh

Kucing scottish berukuran sedang dengan pawakan yang lumayan besar tapi masih dalam ukuran medium. Untuk beratnya sendiri kucing jantan biasanya memiliki berat lebih dari 5 kg sedangkan betina antara 3 hingga 5 kg.

Bagian Kepala

Mengenali scottish cukuplah mudah, yaitu dengan ciri khas pada telinga dan kepalanya. Secara keseluruhan kepala kucing ini berbentuk bulat dengan telinga yang terlipat sehingga terlihat sebagai kucing muka bulat. Matanya juga bulat berwarna cerah dan bersih.

Bagian Kaki

Kaki kucing scottish bentuknya juga bulat dan panjangnya hampir sama dengan ekor yang dimilikinya. Bulu kakinya juga penuh namun tidak terlalu padat juga. Kondisi ini menguntungkan bagi kita karena tidak memerlukan banyak perawatan pada bulu kaki.

Bulu dan Ekor

Bulu kucing scottish fold tidak terlalu lebat namun cukup untuk menutupi anggota badannya. Namun ada juga yang memiliki bulu panjang yang tentu saja membutuhkan banyak perhatian kita. Karakteristik bulunya lurus dengan warna yang bervariasi mulai dari putih, biru, krem, cameo, ungu, hitam, dan coklat. Pola pada bulunya bisa berwarna solid, tabby, tricolor, bicolor, smoke, shaded dan spots.

Umur Kucing Scottish

Dari berbagai referensi kucing ini bisa hidup antara 9 hingga 12 tahun. Umur kucing ini pastinya bergantung pada perawatan dan nutrisi yang didapatkan. Semakin baik perawatan kemungkinan akan membuat umur kucing menjadi lebih panjang.

Jenis Kucing Scottish Fold

Ada dua jenis kucing sctottish yang bisa kita jadikan sebagai kucing peliharaan di rumah. Keduanya dibedakan dari kondisi telinganya yang unik dan tak ada duanya. Berikut ini perbedaannya :
  • Folded ear, adalah scottish yang memang memiliki telinga yang terlipat ke arah depan dan menghadap kebawah. Biasanya ketika sudah dewasa kucing ini memang akan memiliki telinga yang terlipat karena merupakan hasil dari mutasi gen yang spontan.
  • Straight ear, adalah scottish yang memiliki telinga normal seperti jenis kucing lainnya, telinganya tidak terlipat. Biasanya anak kucing scottish ada yang mengalami ini dan mereka seperti kurang diminati sebagai kucing scottish karena kehilangan ciri uniknya.

Harga Kucing Scottish Fold

Wah akhirnya kita sampai pada segmen yang ditunggu-tunggu. Berapa sih harga kucing scottish? dari pengamatan yang kami lakukan. Harga kucing ini bervariasi dan tentu saja tidak ada harga pasti karena memang ini bukan hewan peliharaan sembarangan.
Harga anak kucing scottish fold yang berumur 3 bulan harganya bisa mencapai 3 hingga 6 juta rupiah. Sedangkan yang sudah agak dewasa range harganya 6 hingga 9 juta rupiah. Harga tersebut dipengaruhi beberapa faktor seperti sertifikat, vaksinasi, kondisi kucing dan lain sebagainya.

Adopsi Kucing Scottish Fold

Untuk mengadopsi kucing ini kita bisa cari breeder yang terpercaya dan memiliki sertifikat. Jangan lupa untuk memperhatikan setiap ciri fisik yang dimiliki oleh kucing scottish. Mulai dari bentuk wajah, muka, telinga, bulu dan karakteristik sifatnya.
Harga 3 hingga 9 juta akan menjadi sia-sia apabila kita salah dalam membeli kucing. Lebih baik berhati-hati dan memilih breeder terpercaya.
 Sumber : https://www.satwapedia.com/semua-tentang-kucing-scottish-fold/

2. Kucing Munchkin
 KUCING MUNCHKIN 
Munchkin adalah baka kucing yang berkaki pendek.
Kucing Munchkin adalah baka kucing yang terhasil dari mutasi genetik semulajadi daripada kucing kaki normal kepada kaki yang lebih pendek.
Namun, kaki mereka nampaknya tidak mengganggu mereka berjalan dan melompat.
Anak kucing munchkin (dari induk munchkin) yang berkaki pendek dipanggil STANDARD MUNCHKIN manakala yang berkaki seperti kucing biasa tetapi hasil dari induk kucing munchkin dipanggil NON-STANDARD MUNCHKIN.
.
CROSS BREED / KACUKAN MUNCHKIN :
.
1) NAPOLEON / MINUET = adalah hasil cross breed atau kacukan antara kucing parsi  dengan munchkin
NAPOLEON MUNCHKIN
                         NAPOLEON MUNCHKIN
.
2) GENETTA = adalah hasil cross breed atau kacukan antara bengal dengan munchkin
Munchkin                           
                 GENETTA MUNCHKIN
.
3) SKOOKUM adalah hasil cross breed atau kacukan antara La Perm dengan munchkin
SKOOKUM MUNCHKIN
                          SKOOKUM MUNCHKIN
.
4) MINSKIN/BAMBINO adalah hasil cross breed atau kacukan antara Sphynx dengan munchkin
KUCING MUNCHKIN
                   MINSKIN/BAMBINO MUNCHKIN
 .
5) LAMBKIN adalah hasil cross breed atau kacukan antara Selkirk Rex dengan munchkin
LAMBKIN MUNCHKIN
                                LAMBKIN MUNCHKIN
6) KINKALOW = adalah hasil cross breed atau kacukan antara kucing american curl  dengan munchkin
KINKALOW MUNCHKIN
                         KINKALOW MUNCHKIN
.
Ciri-ciri dan sifat Kucing Munchkin
.
Tulang belakang kucing ini biasanya dapat dibezakan daripada kucing lain. Kucing ni berbeza, tak kira berbulu panjang atau pendek.
Apabila Munchkin duduk kaki belakangnya yang sama dengan kedudukan arnab.
Biasanya kucing Munchkin ni sangat aktif dan mudah mesra dangan orang.

JENIS KUCING MUNCHKIN MENGIKUT STRUKTUR BADAN:
.
kucing munchkin
JENIS KUCING MUNCHKIN MENGIKUT STRUKTUR BADAN
.
1 – typical/standard
– typical bermaksud “kebiasaan/kebanyakan” fizikal yang selalu kita lihat dan seringkali kita jumpa yang ada pada munchkin. Fizikal yang kaki belakangnya lebih panjang berbanding kaki depan dan ia terlihat lebih tinggi daripada bahu. Dimensi typical dapat dilihat dari munchkin standard,short dan super short.
2 – vw microbus
– vw microbus bermaksud fizikal munchkin membengkak/menggelembung/(perkataan tersuai) dari bahu dan mula turun di pangkal punggung.
Dimensi ini juga dapat dilihat dari munchkin standard,short dan super short.
3 – tremendous limited
– tremendous limited bermaksud munchkin berfizikal besar. “Tre” bermaksud gandaan 3 yang menggambarkan munchkin tersebut memiliki fizikal 3kali ganda lebih besar dari munchkin biasa @ munchkin domestik(munchkin kampung).
4 – rug hugger
rug hugger bermaksud rendah mendatar/permaidani. Rug hugger bukan diukur hanya kependekkan kedua dua kaki,ia dimensi yang menyeluruh dari aspek fizikal dan kaki.
Rug hugger diketegorikan berbadan panjang yang sama rata ketinggian dari bahu hinggalah ke pangkal punggung kaki belakang. Kaki rug hugger sama ketinggian diantara kaki depan dan belakang.
Sumber : http://jmaster.info/2017/05/30/kucing-munchkin/

3. Kucing Ragdolls
 kucing ragdoll

Kucing ragdoll adalah salah satu ras kucing yang paling besar di dunia. Kelompok kucing ini juga sudah di akui oleh guines world of records di berbagai media.
Sejarahnya kucing ragdoll di kembangkan pertama kali oleh ann baker yang notabenenya adalah seorang peternak kucing persia dari amerika. Dan menurut informasi di berbagai sumber, kucing jenis ragdoll adalah hasil persilang dari sebuah gen ras persia, ras birman dan ras burmese.

Profile Kucing Ragdoll

Saat itu kucing jenis ragdoll belum di akui beberapa organisasi yang mengukur pendataan standart ras kucing di dunia seperti TICA , FIFe, CFA, ACF dan lainnya. Namum kesuksesan ann beker yang terus mengembangkan kucing tersebut pada akhirnya membuahkan hasil, dengan berdirinya organisasi kucing yang di khususkan untuk penggemar ras ragdoll pada tahun 1971.
Maka di saat itu juga jenis kucing ras ragdoll pun di akui oleh semua pendaftar kucing dunia dan telah memiliki sebuah standart ras yang di dapatkan dari berbagai organisasi kucing tingkat dunia seperti TICA, FIFe, CFA, ACF, CCA, AACE dan ACFA/CAA.

Ciri fisik

Ragdoll merupakan jenis kucing berbadan besar, yang mempunyai dada lebar serta panggul yang cukup besar. Kucing ragdoll jantan memiliki berat badan sekitar 12-20 pon ( 4-9 Kg ) dan pada betina kucing ini memiliki berat badan sekitar 10-15 pon (4-9 Kg). Ragdoll mempunyai panjang bulu yang sedang dan halus, dengan bentuk seperti bulu kelinci.
Warna kucing ragdol cukup variatif , mereka mempunyai warna di antaranya mited, bicolor, vanda, serta warna point yang di golongankan dalam bentuk (solid, lynk dan tortie). Untuk di bagian mata hampir rata rata mereka memiliki warna oval biru.

Karakter

Kucing jenis ragdoll memiliki kepribadian yang cukup baik di antara kucing lain. Ragdoll memiliki suara yang lembut, bersahabat, manja , tidak suka mengganggu siapa saja dan suka bermain (aktif). Kucing jenis raggdol sangat mudah di latih untuk di jadikan teman bermain.

Perawatan

Kucing ragdoll adalah jenis kucing berbulu semi longhair. Kelompok kucing jenis ini merupakan kelompok yang mandiri merawat bulunya. Namun walau demikian, bulu kucing ragdoll harus di perhatikan oleh pemiliknya. Pastikan dalam memelihara kucing tersebut anda harus rutin untuk memandikannya, minimal 2 hari sekali.
Dan dalam memandikannya, sebaiknya anda gunakan shampo khusus anti kutu yang terbaik di toko hewan. Serta jangan lupa sisir kucing ragdoll yang anda miliki jika terlihat berantakan pada bulunya. Untuk jenis makanan kucing ragdoll baiknya anda gunakan makanan basah atau kering yang di jual toko hewan dekat rumah anda. Dan jangan lupa, ketika anda sudah dapat memberikan makanan untuk mereka, pastikan kebersihan di tempat makanan kucing tersebut.

Harga pasaran

Untuk harga kucing ini bisa di bilang cukup variatif, umumnya kucing ini terbilang kucing yang cukup mahal. Namun harga yang di dapatkan setiap toko biasanya berbeda beda di karenakan bentuk kualitasnya masing masing. Harga pasaran kucing ini di bandrol dengan harga di mulai dari 3,5 juta – 10 juta rupiah. Biasanya semakin bagus kualitas dan keturunan kucing ini harganya pun akan semakin bagus, bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah. Wow! Fantastic ya?
 Sumber : http://okdogi.com/2015/12/mari-kenali-profil-kucing-ragdoll/



1 komentar: